"SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 1 WONOGIRI *** DAFTAR ULANG CALON PESERTA DIDIK KELAS VII TANGGAL 7 - 8 JULI 2017 *** "
Banner
bptikp jatengpdk jatengrumah belajar
waktu sekarang

Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik
  Visitors : 961633 visitors
  Hits : 826 hits
  Today : 107 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

smpn1wonogiri    
Status member
  • YASHINTHA INGGAR P. (Alumni)
    2014-06-17 05:36:19
    waaa, setelah sekian lama :\')
  • Pramono Wahyu Ramadhan (Tamu)
    2014-06-15 16:55:22
    PPDB (REGULER) SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 A. Jadwal Pelaksanaan 1. Pendaftaran : 23 s.d. 25 Juni 2014 (pukul 08.00 â 14....
  • SEPTIANA WULANDARI (Alumni)
    2014-06-10 22:39:28
    Apa kabarnya spensa? :3
  • F. Endah Wartani,SPd (Guru)
    2013-09-27 19:06:33
    Terima kasih Tuhan buat berkatMu hari ini
  • DEWI HANANIA NUR ROCHMANI (Alumni)
    2013-09-18 13:01:59
    Kangen spensa, kawan :3

Jumlah Komputer Minim, UN Online Digilir

Tanggal : 03/07/2015, 07:27:03, dibaca 444 kali.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dengan sistem Computer Base Test (CBT) alias UN Online diharapkan tidak mengulang sistem-sistem ujian sebelumnya yang hanya terkesan uji coba.

''Harapan kita bersama, praktik 'kelinci percobaan' dalam penerapan dunia pendidikan, jangan sampai terulang kembali di Indonesia,'' kata Guru Besar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Harun Joko Prayitno, Kamis (5/3). 

Menurut Dekan Fakultas Keguruan Ilmu  Pendidikan UMS ini, persiapan program CBT UN harus dilakukan secara matang. Paling tidak, sebelumnya dilakukan sosialisasi.


“CBT UN bila betul-betul diterapkan di sekolah, paling tidak untuk murid perlu persiapan dua hal,” ujarnya.


Pertama, persiapan menyangkut kemampuan yang didalamnya ada substansi yang akan dikerjakan. Kedua, pikiran tambahan ketika pengoperasian alat.


Awalnya, siswa hanya mengerjakan manual. Kemudian selesai. Tetapi, dengan adanya CBT, siswa dituntut belajar secara substansi karena merupakan satu pekerjaan teknis.


Wacana UN untuk dijadikan base line masuk perguruan tinggi pun, menurutnya, tidaklah masuk akal dalam jangka pendek.


Lantaran fungsinya hanya untuk mengukur kelulusan. Sedang jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah menjadi sistem berjenjang sebagai dasar masuk perguruan tinggi. 



Penerapan sistem online UN yang digelar April dan Mei, hingga kini belum ada kepastian dari pemerintah pusat. Namun, sejumlah sekolah di Kabupaten Wonogiri mengklaim sudah siap apabila sistem tersebut dijalankan. Salah satunya, SMPN 1 Kabupaten Wonogiri.


"Sejak jauh hari, siswa dididik try out UN. Baik secara manual maupun komputer," kata Kepala SMPN 1 Kabupaten Wonogiri, Kusman Toha, Kamis (5/3).

Kusman mengatakan, walaupun sudah siap dengan penerapan sistemonline, namun pihaknya belum sama sekali mempersiapkan infrastruktur pendukung seratus persen. Ia lebih memilih menunggu kepastian serta penunjukan dari pusat.

Memang, SMPN 1 ini sebagai salah satu pilot project UN sistem online. "Yang jelas, kami selalu siap. Namun, sebelum ada penunjukkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, kami tak mau melengkapi infrastruktur pendukung," kata Kusman.

Menurut dia, persiapan siswa didik tergolong cukup. Akan tetapi, dari sisi infrastruktur dia belum berani mempersiapkan seratus persen. Dari jumlah total siswa didik yang akan menghadapi UN tercatat 297 anak. Sedangkan UN sistem online membutuhkan persiapan 85 unit komputer. SMPN 1 Wonogiri kini baru memiliki perangkat komputer hampir separuhnya.

"Ya, nanti misal Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memerintahkan untuk sistem online, kita tinggal melengkapi kekurangan komputer saja''.

Terkait pelaksanaan UN online, rencananya dibagi dalam tiga gelombang. Setiap mata pelajaran yang diujikan akan diikuti siswa secara bergiliran.


Ini karena, jumlah perangkat komputer hanya sepertiga jumlah murid. Jadi, siswa didik nanti bergiliran dalam mengerjakan soal UN.
(P3)

Sumber:Republika.co.id 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas